Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

27 Okt

Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

Luka seringkali mengganggu sekali pada aktivitas kita. Apalagi luka bernanah seperti ini. Luka bernanah bisa disebabkan karena faktor kecelakaan. Lalu bagaimanakah Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan agar bisa sembuh dengan cepat?

Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan
Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

Sobat tak perlu khawatir mengenai masalah itu. Karena saya akan memberikan Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan dan obat herbal yang sangat cepat untuk memulihkan luka seperti ini. Bahkan obat herbal ini 3 x lebih cepat dari pada obat lainnya. Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai obatnya, ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui mengenai masalah tersebut.

Luka Bernanah Dan Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

Luka bernanah karena kecelakaan ini sebenarnya disebabkan karena luka tersebut sudah terinfeksi oleh bakteri. Cairan ini terdiri dari liquor puris atau cairan kaya protein yang mengandung leukosit yang sudah mati. Leukosit tersebut sebagai respons sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri piogenik.

Nanah merupakan suatu cairan yang berasal dari sel mati dan sel hidup atau bisa juga diproduksi dari ruang sekitar sel yang terpengaruh infeksi. Sesuatu yang menyebabkan nanah disebut dengan supuratif, pyogenik, atau purulent. Jika produksi cairan sangat mirip nanah maka hal ini disebut dengan mucopurulent (lendir nanah). Sebagian besar luka bernanah disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus aureus.

Adakalanya nanah juga berwarna hijau loh sob, saat mengandung myeloperoxidase, yaitu protein antibakteri hijau yang diproduksi beberapa jenis sel darah putih. Dan sementara itu juga, infeksi Pseudomonas aeruginosa juga dapat mengakibatkan nanah hijau yang mengeluarkan aroma tidak sedap.

Resiko Infeksi Timbulnya Luka Bernanah Akibat Kondisi Tertentu

  • Benda asing tertancap pada luka sehingga menghambat proses penyembuhan, seperti tertancap potongan logam atau kaca.
  • Mengidap penyakit tertentu yang memperlambat penyembuhan luka, seperti penyakit paru-paru, diabetes, kanker, hati, dan ginjal.
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh akibat defisiensi nutrisi, efek radiasi, dan penggunaan obat tertentu yang meningkatkan risiko mudah terkena suatu infeksi.
  • Trauma yang terjadi berulang kali terhadap luka yang sedang menyembuh sehingga risiko infeksi menjadi lebih besar dan proses penyembuhan terhambat.
  • Rendahnya pasokan aliran darah akibat kondisi tertentu, seperti penyempitan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, merokok, berpenyakit jantung.

Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

Cara penanganan pertama luka bernanah karena kecelakaan

  • Bersihkan luka dengan sabun antiseptik untuk membunuh bakteri.
  • Kompresi luka dengan rendaman kain halus, seperti flanel. Yang direndam air hangat untuk mencegah infeksi. Dan pastikan kain terasebut dicuci dan tidak digunakan lagi oleh orang lain sebagai dipakai
  • Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik, yang diberikan melalalui infus. Ataupun, tablet yang dikonsumsi untuk mencegah penyebaran infeksi pada luka bernanah.
  • Pada abses yang lebih dalam (internal abscess), dokter biasanya melakukan operasi kecil untuk membuat sayatan ataupun dengan memasukkan jarum menembus kulit untuk mengeluarkan nanahnya . Operasi dengan sayatan umumnya dilakukan jika pengeringan dengan jarum tidak efektif.
  • Anda mungkin disarankan untuk mengonsumsi obat pereda rasa sakit, seperti ibuprofen, untuk meringankan bengkak.

Pada dasarnya penanganan luka bernanah ini bergangtung pada area dan tingkat keparahan luka. Ada kalanya diperlukan X-ray, MRI, CT scan, dan tes darah untuk mendeteksi infeksi. Namun pada kasus tertentu, luka bernanah memerlukan penanganan medis secara cepat.

Segera periksakan ke dokter apabila jika terjadi salah satu atau beberapa hal dibawah ini.

  • Kulit di sekitar luka bernanah tidak dapat merasakan apa pun.
  • Luka bernanah terasa amat sakit.
  • Luka bernanah berbau tidak sedap.
  • Darah mengalir dari luka terus menerus
  • Anggota tubuh yang terkena dampak luka tidak dapat digerakkan.
  • Bagian dalam luka berwarna merah cerah atau gelap.
  • Luka bengkak lebih dari lima hari.
  • Lebar abses berukuran lebih dari 1 cm.
  • Sebelumnya, pengidap abses mengalami penyakit kanker, diabetes, HIV/AIDS, penyakit anemia bulan sabit (sickle cell disease), ataupun penyakit vaskular peripheral.
  • Pengidap luka adalah pengguna penyalahgunaan obat-obatan suntik.
  • Pengidap luka sedang menjalani pengobatan yang menekankan pada sistem kekebalan tubuh, seperti kemoterapi.
  • Demam tinggi.
  • Pengidap luka sedang hamil.

Cara Melakukan Perawatan Luka Yang Bisa Sobat Sekalian Lakukan Tiap Hari

  1. Bersihkan luka anda dengan air steril / rivanol sambil membersihkan sisa pus/ darah pada luka
  2. Memberikan salep antibiotik
  3. Menutup luka dengan kasa steril.
  4. Menjauhkan luka dari basah dan kotor
  5. Mengganti serta membersihkan luka setiap hari
  6. Jangan pernah menggaruk luka / sentuhan dengan tangan yang alat / tanagan yang kotor
  7. Mencuci tangan sebelum mulai membersihkan luka atau dengan menggunakan sarung tangan steril.

Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan
Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan yang bisa sobat lakukan dan gak perlu ribet-ribet, adalah dengan mengggunakan obat herbal yang satu ini.

Teripang emas

Nah sob teripang emas inilah obat herbal yang sangat ampuh untuk mengatasi segala jenis luka, diantaranya luka robek, luka bernanah, luka bakar, luka membusuk,dll. Teripang emas ini sangat terbukti ampuh untuk mengatasi segala jenis luka.

Didalam teripang emas ini memiliki kandungan aktif yang sangat ampuh untuk mengatasi luka dengan sangat cepat. Hewan yang satu ini memiliki lebih dari 50 kandungan. Dan beberapa diantaranya sangat aktif untuk mengatasi masalah pada luka.

Kandungan aktif tersebut diantaranya adalah Gamapeptide, Cell Growth Faktor, Protein, Antibakteri, Antioksidan, Antivirus, Antijamur. Dan semua kandungan aktif ini sangat membantu dalam proses penyembuhan luka.

  • Gamapeptide

Kandungan aktf yang satu ini hanya terdapat pada teripang emas saja. Kandungan gamapeptide ini sangat berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit, mempercepat penyembuhan luka (3 x lebih cepat), Merangsang dan mengaktifkan sel-sel yang mati, memelihara sirkulasi darah, menghilangkan virus dan bakteri, menstabilkan emosi, antiutmor dan antikanker.

  • Cell Growth Faktor

Kandungan aktif yang satu ini, sangat ampuh dan cepat untuk melakukan regenerasi pada sel dan jaringan. Baik itu sel dan jaringan yang mati, rusak, hilang, maupun yang membusuk. Cell Growth Faktor ini mampu dengan sangat cepat unutk memperbaikinya.

  • Protein

Protein dalam teripang emas ini baik untuk mempercepat proses pemulihan pada luka. Protein dalam teripang emas ini mudah untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga tubuh tak bekerja keras untuk mencernanya, dan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus dalam penyembuhan.

  • Antibakteri

Kandungan antibakteri yang kuat dalam teripang emas ini, sangat berguna dalam mengatasi bakteri dalam luka yang bernanah. Antibakteri ini juga membantu mencegah terjadinya infeksi dan mengobati apabila terjadi infeksi.

  • Antivirus, Antioksidan, Antijamur, dll.

Kandungan aktif ini juga berfungsi untuk mengatasi luka, mencegah berbagai infeksi yang mungkin terjadi, mengatasi berbagai infeksi lain yang mungkin terjadi, serta membantu dalam proses penyembuhan luka.

Pendapat Para Ahli Mengenai Teripang Emas Untuk Mengatasi Luka

Dr.Ir.M. Ahkam Subroto, M.App.Sc(Periset Bioteknologi LIPI).

Kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 82%, baik diberikan kepada penderita penyakit diabetes mellitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin meningkat.

Dr Oetjoeng Handajanto Sukajadi, Bandung.

Perkenalan pertama dr Oetjoeng Handajanto dengan ekstrak teripang pada 2004. Semula ia menganggap ekstrak teripang hanya suplemen. Ahli terapi kolon itu memberikan ekstrak itu kepada penderita gangren atau luka akibat diabetes mellitus. Dalam hitungan hari, luka pun mengering.

Menurut lulusan Fakultas Kedokteran Bochum University, Jerman, itu keampuhan ekstrak teripang kaya kolagen. Faedah kolagen meningkatkan regenerasi sel-sel mati akibat luka sehingga mempercepat penyembuhan. Ia tak menyangka ekstrak itu mampu menyembuhkan luka dalam waktu singkat.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Malaysia

Selama 8 tahun menunjukkan bahwa Sea Cucumber dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, membantu arthritis, penyakit diabetes mellitus dan penyakit hipertensi serta mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam.

Dari penelitian tersebut terbukti bahwa teripang/gamat memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali. Contoh yang mudah misalnya pada kasus penderita diabetes melitus. Selain diminum, gamat juga dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan hampir diamputasi. Ternyata, “Cell Growth Factor” mampu bekerja dengan baik sehingga luka menjadi pulih dengan cepat.

Sampai disini dulu ya sob pembahasan kita mengenai Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan. Dan saya benar-benar sangat merekomendasikan teripang emas untuk mengobati dan Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan sobat.

Teripang emas sudah sangat terbukti mengenai khasiatnya untuk mengenai segala jenis luka. Sudah berjuta-juta orang menggunakannya, dan alhamdulillah atas seijin Allah SWT mereka bisa sembuh.

Semoga artikel Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan ini akan sangat membantu dan bermanfaat bagi sobat sekalian. Jangan lupa untuk share laman web ini ke yang lainnya. Karena banyak dari saudara kita diluar sana yang sangat membutuhkan informasi ini.

~Assalamu’alikum.Wr.Wb.~


Baca juga :


Walatra Jelly Gamat | Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

2 Replies to “Cara Merawat Luka Bernanah Karena Kecelakaan

  1. Pingback: 17 Obat Luka Robek Di Apotik | 1 Hari Langsung Kering

  2. Pingback: Obat Kulit Melepuh Kena Air Panas Dan Minyak Goreng 3 x Lebih Cepat Paling Teruji

Tinggalkan Balasan Anda Disini!