Bahaya Empedu Bengkak Dan Cara Mengobatinya

Bahaya Empedu Bengkak Dan Cara Mengobatinya

Bahaya Empedu Bengkak Dan Cara Mengobatinya

Bahaya Pembengkakan Kantung Empedu Yang Jarang Orang Ketahui

Pembengkakan empedu merupakan suatu kondisi dimana kandung empedu mengalami peradangan. Didalam istilah medis sendiri, pembengkakan empedu ini disebut dengan kolesistitis. Pada saat kandung empedu mengalami pembengkakan, maka cairan yang menuju kebagian usus kecil akan terhambat dan menimbulkan sebuah masalah kesehatan.

Mual dan pusing serta memiliki asam lambung yang terbilang tinggi adalah beberapa gejala yang kerap kali di alami para penderita empedu bengkak atau radang empedu ini. Rasa begah, kembung dan rasa nyaman pada perut juga merupakan gejala lain yang kerap di alami para penderita.

Empedu adalah sebuah organ berbentuk kantong kecil yang terletak di perut bagian kanan. Didalamnya sendiri terdapat sebuah cairan yang dapat membantu mengurai lemak yang masuk dari makanan, sebelum makanan masuk ke bagian usus.

Pembengkakan empedu adalah salah satu jenis penyakit yang membutuhkan pengobatan dengan segera. Karena nyatanya bilamana kondisi ini terus dibiarkan, maka akan memicu sejumlah komplikasi.

Infeksi dan rusaknya organ empedu adalah komplikasi yang seringkali terjadi pada para penderita empedu bengkak ini.

Dan yang lebih parah lagi, ternyata dari beberapa kasus diketahui kalau empedu bengkak ini bahkan dapat berkembang menjadi kanker empedu. Dimana pengobatan kanker empedu ini kerap kali membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit.

Selain dapat memicu terjadinya kanker empedu, pembengkakan empedu yang terus dibiarkan dapat memicu penderita mengalami sakit kuning.

Sakit kuning sendiri adalah salah satu penyakit yang harus sangat Anda waspadai karena penyakit tersebut kerap mengancam nyawa penderitanya. Bilamana sakit kuning ini terjadi, biasanya beberapa bagian atau organ tubuh misalnya seperti mata dan kuku akan ada warna kekuning-kuningan. Bilamana hal ini terjadi, maka Anda harus benar-benar segera pergi kedokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif lagi.

Tak hanya empedu yang rusak, tapi organ hati juga akan mengalami kerusakan. Dimana penyakit hati ini sendiri memang merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa penderitanya.

Selain dapat mengancam nyawa, rasa sakit yang terjadi karena empedu bengkak ini bukan main. Bilamana Anda adalah seorang penderita empedu bengkak, tentu Anda tahu pasti bagaimana rasa sakit yang di alami karena penyakit ini.

 Gejala Dan Bahaya Kandung Empedu Yang Bengkak 

Beberapa kasus, peradangan empedu ini terjadi dalam beberapa hari saja (akut). Namun pada beberapa kasus, radang empedu / empedu bengkak ini dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama (kronis).

Adapun penyebab dari terjadinya empedu bengkak ini adalah seperti gejala awal terbentuknya tumor, pembekuan darah di sekitar empedu, pembengkakan pankreas, dan dapat juga disebabkan karena infeksi parasit.

Menurut para ahli mengatakan, peradangan ini kemungkinan besar berawal dari ketidakseimbangan kandungan cairan empedu. Misalnya saja seperti karena memiliki riwayat kolesterol, memiliki kadar garam yang tidak seimbang dalam empedu, dsb.

Seringkali mual dan pusing serta asam lambung menjadi tinggi adalah beberapa hal yang dapat di alami para penderita empedu bengkak ini. Adapun gejala awal yang kerap di rasakan para penderita adalah seperti rasa begah, kembung dan perut terasa tidak nyaman. Perut bagian atas juga kerap terasa sakit.

Semakin terus dibiarkan, maka gejala tersebut akan terus merembet kedaerah tubuh lainnya seperti punggung dan lengan kanan. Rasa sakit yang terjadi sendiri dapat berlangsung selama beberapa jam bahkan lebih dari 6 jam lamanya. Para ahli menilai, jika gejala ini diawali dengan adanya beberapa syaraf yang ikut tersakiti.

Pada beberapa kondisi sendiri, penderita juga dapat mengalami diare berkepanjangan. Dimana tentu diare ini dapat membuat penderita mengalami dehidrasi dan kelemasan sepanjang hari. Selain itu, penderita empedu bengkak ini juga terkadang akan mengalami demam tingi.

 Pengobatan Empedu Bengkak 

Untuk pengobatannya sendiri, pada kasus ringan biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik. Namun bilamana kondisi peradangan ini seringkali kambuh, maka tak jarang dokter akan memilih tindakan medis lain (pengangkatan kandung kemih / operasi).

Namun sebelum dokter memutuskan operasi, dokter akan berkonsultasi dahulu dengan pasien atau pihak keluarga pasien untuk mendapatkan persetujuan.

TAPI !! SATU HAL YANG PERLU ANDA KETAHUI

Pengobatan dengan jalan medis bukanlah satu-satunya cara mengobati penyakit empedu bengkak ini. Karena dewasa ini telah ada beberapa obat penyakit empedu bengkak yang telah terbukti manjur. Namun sebelum membahas obat tersebut, beberapa hal ini dapat membantu mempercepat pengobatan dan mencegah empedu bengkak lagi.

  1. Batasi mengkonsumsi daging serta perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
  2. Ganti cemilan modern dengan makanan sehat
  3. Hindari junkfood serta makanan pedas atau berminyak
  4. Batasi konsumsi makanan yang manis-manis
  5. Jika Anda adalah pecinta kopi, lebih baik minum kopi hitam (namun jangan juga terlalu sering, cukup sekali sehari).
  6. Hindari susu atau olahan yang bercampur susu sapi terlebih dahulu
  7. Hindari dulu mengkonsumsi kuning telur
  8. Hindari makanan pemicu asam lambung tiggi seperti kol, jagung, jeruk, dll.

Sort by : Herbal Jelly Gamat

Bahaya Empedu Bengkak Dan Cara Mengobatinya

Ingin Bertanya ?? Silahkan Ajukan Pertanyaannya Dibawah. (pasti kami balas)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.