Sayuran Pengencer Darah

16 Jan

Seseorang yang menderita darah kental memang sangatlah membutuhkan obat untuk membantu mengencerkan darah.  Sayuran Pengencer Darah adalah salah satu cara alami untuk membantu mengatasinya. Beberapa sayuran pengencer darah yang akan di bahas di dalam artikel ini telah terbukti membantu mengatasi darah kental ini.

Sayuran Pengencer Darah

Memiliki penyakit darah mengental (polisitema) memang bukan suatu masalah yang bisa kita abaikan. Pasalnya saja fakta membuktikan penyakit yang satu ini dapat menimbulkan komplikasi serius yang tak jarang berujung pada kematian.

Bukan saya hendak menakut-nakuti, tapi hal ini perlu saya ungkapkan. Hal ini juga agar Anda bisa lebih waspada akan masalah yang satu ini.

Fakta Seputar Penyakit Darah Kental (Polisitema) Yang Harus Anda Ketahui

Penyakit darah kental atau polisitema ini merupakan suatu peningkatan jumlah sel darah (sel darah merah, sel darah putih & keping darah) di atas normal. Pada umumnya penyakit darah kental ini disebabkan karena adanya kerusakan pada pembuluh darah. Jika darah bersentuhan dengan pembuluh darah yang rusak, maka hal ini dapat mengakibatkan darah mengental. Gumpalan kolesterol juga adalah salah satu penyebab darah kental ini.

Penyakit yang satu ini juga dapat terjadi karena hipertensi, obesitas, stres, hipoksia (kurangnya kadar oksigen dalam sel), atau juga bisa terjadi karena terjadinya mutasi gen pada sel induk di sumsum tulang.

Penyebab Seseorang Menderita Polisitema

Penyakit polisitema ini sendiri disebabkan karena beberapa hal, dan semua itu di bagi menjadi atas primer dan sekunder

  • Primer

Penyebab primer ini terjadi karena sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel darah merah, yang mana hal ini dapat mengakibatkan terajadi mutasi genetik. Kondisi yang satu ini sendiri sering disebut dengan polisitemia vera.

Mutasi genetik yang satu ini memang jarang terjadi. Namun biasanya penyakit yang satu ini menyerang orang yang sudah usia paruh baya dan orang tua.

  • Penyebab sekunder

Penyabab sekunder ini juga terjadi karena terlalu banyak sel darah merah, akibat kurangnya kadar oksigen di dalam tubuh. Ketika kadar oksigen dalam darah ini menurun, maka sumsum tulang ini akan merespon dengan cara memproduksi kebutuhan oksigen tambahan. Sumsum tulang belakang akan memproduksi lebih banyak lagi sel darah merah guna mencukupinya.

Kekurangan kadar oksigen ini biasanya terjadi akibat penyakit paru kronik seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit ginjal, sindroma cushing, hemangioblastoma, dan seseorang yang berada di ketinggian (misalnya pegunungan, dll)

Sebenarnya polisitemia ini sendiri terdapat bentuk lainnya, yaitu polisitemia relatif. Jenis yang satu ini biasanya terjadi karena beberapa hal, diantaranya alkohol, obesitas, hipertensi, stress, dan dehidrasi (kekurangan cairan).

Akibat Yang Terjadi Karena Penyakit Polisitemia

Darah kental ini bisa merusak berbagai organ lain. Adapun beberapa akibat yang terjadi karena darah kental ini adalah

  • Dampak Pada otak

Otak yang terlalu lama menunggu suplai darah dari jantung ini bisa mengalami kehilangan keseimbangan, bahkan hingga mengakibatkan beberapa kematian sel otak. Darah yang di pasok oleh jantung tiap detiknya, akan semakin lambat. Dan hal ini pula tak jarang akan menyebabkan stroke.

Keterlambatan darah masuk otak, akan menyebabkan kematian sel otak kita. Kematian sel otak ini akan mengakibatkan beberapa hal pada kita, diantaranya seperti menjadi mudah lupa, kurang konsentrasi, pusing, sakit kepala, kehilangan memori dan resiko terparahnya adalah stroke.

  • Dampak Pada Paru-paru

Aliran darah yang mengental ini akan menghambat aliran darah ke paru-paru dan darah tidak bisa membawa oksigen dari paru ke jantung untuk di edarkan ke organ tubuh yang lain. Yang mana hal ini dapat berakibat kurangnya kadar oksigen dalam darah.

Jika terjadinya pengentalan darah, maka paru-paru akan mengalami kesulitan untuk mengambil oksigen dari luar (sesak napas), dan rasa sakit di bagian dada.

  • Dampak Pada Jantung

Ketika hal ini terjadi, maka jantung akan mengalami kesulitan untuk memompa darah. Jantung ini akan bekerja 2 x lebih keras dari biasanya, karena beratnya darah kental saat di serap jantung. Hal seperti ini akan membuat penderita mengalami jantung berdebar.

Tapi saat jantung menjadi sudah mulai kelelahan karena harus bekerja ekstra, maka jantung bisa menjadi berhenti berdetak yang artinya berakhir dengan kematian.

  • Dampak Yang Terjadi Pada Ginjal

Karena saringan di dalam ginjal yang terbilng halus, maka tak jarang jika penyakit darah kental ini bisa menyebabkan perobekan pada bagian glomelurus. Sehingga hal ini bisa mengakibatkan air seni Anda bewarna merah, di karenakan bercampur dengan darah.

Hal ini berarti kalau ginjal yang Anda miliki sudah mulai rusak, dan Anda hal ini juga berarti Anda harus melakukan pencucian darah guna untuk menyaring darah. Darah kental ini bisa di sebabkan karena alkohol, kurang minum air putih, merokok, tubuh kurang gerak, kolesterol, kerusakan endotel, sindrom darah kental, pola makan yang buruk, kekurangan trombosit, strees, radikal bebas, suhu dingin

Dari semua untaian di atas, jelas sudah kalau masalah darah beku ini harus segera di atasi dengan secepatnya. Pengatasan secepatnya bermanfaat demi menghindarkan dari komplikasi yang mungkin terjadi. Terlebih lagi guna mengatasi penyakit kandiocaskuler.

Kumpulan Sayuran Pengencer Darah 

Kumpulan Sayuran Pengencer Darah 

Berikut ini adalah beberapa sayuran yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi masalah darah kental ini. Adapun sayuran-sayuran adalah

  • Tomat 

Tomat ini mengandung kandungan enzim brolemin yang tinggi, yang mana sangat bermanfaat untuk mengencerkan darah. Namun bagi Anda penderita magg, tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang satu yang ini. Di sarankan dalam setiap hari Anda mengkonsumsi 5 buah tomat secara rutin.

  • Bayam

Di dalam sayuran yang satu ini juga tinggi akan Vitamin E. Bayam ini mampu membantu mencegah sel-sel darah menggumpal atau menyatu di pembuluh darah. Anda cukup memakannya secara teratur setiap hari. Namun jika bayam sudah agak kehitaman (biasanya mulai kehitaman dari 4-5 jam) setelah di masak, sebaiknya jangan di makan. Karena bayam (terutama sayur bayam) tersebut sudah mengalami oksidasi yang menghaasilkan racun.

  • Bawang Putih

Bawang putih ini berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol, mengencerkan darah, dll. Namun dalam penggunaan bawang putih ini disarankan untuk berkonsultasi ke dokter, karena jika salah dosis, justru akan membuat pendarahan yang cukup serius.

  • Bawang putih hitam

Bawang putih hitam ini benar-benar ampuh untuk mengatasi darah kental, menurunkan gula darah & kolesterol dalam waktu cepat, dll. Bawang putih hitam ini sendiri berasal dari bawang putih, namun keefektifan lebih dari 4 x lipat bawang putih, dan rasanya juga lebih enak.

  • Buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung vitamin K dan E, serta buah-buahan yang mengandung enzim bromelain bagus untuk membantu mengatasi masalah darah kental ini. Adapun buah-buahan yang banyak mengandung kandungan tersebut di antaranya kiwi, jahe, anggur, manggis, nanas dan tomat.

  • Cuka Apel

Di dalam cuka apel ini mengandung kalium tinggi, sehingga mampu memecah lemak dan protein yang ada di dalam darah. Di mana lemak ini menjadi salah satu penyebab darah saling menempel satu sama lainnya. Cuka apel juga akan menekan produks hormone angiostesin II dimana hormone tersebut adalah salah satu penyebab dari penyempitan arteri.

  • Jahe

Di dalam jahe ini mengandung suatu senyawa yang bernama salisilat. Senyawa inilah yang akan memblokir Vitamin K yang menyebabkan penggumpalan darah. Minumlah air jahe 2 x sehari secara rutin.

  • Kayu Manis

Di dalam kayu manis ini mengandung kalsium dan mangan. Kandungan seratnya juga cukup banyak sehingga penurnan kolesterol terbilang efektif.
bagus untuk mencegah penggumpalan darah atau penyumbatan pembuluh darah

  • Kunyit

Kunyit ampuh mengencerkan darah, kunyit juga sama efektifnya dengan jahe karena adanya kandungan salisilat tinggi di dalamnya. Kita bisa menggunakannya untuk mencegah pembekuan darah maupun menjadi solusi darah yang telah telanjur menggumpal.

  • Daun Salam

Rebusan daun salam ini bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah darah kental ini. Hal ini juga di karenakan terdapat kandungan yang cukup unik danbaik utnuk membantu proses pengenceran darah

Adapun berbagai cara lain yang mampu untuk membantu mengatasi penyakit darah beku ini adalah seperti kacang almod, biji bunga matahati, kacang hazalnut, perbanyak minum air putih, dll.

Sampai disini dulu ya sob pembahasan kita mengenai Sayuran Pengencer Darah ini. Semoga apa yang ada di artikel ini, benar-benar sangat membantu Anda.

Assalamu’alaikum 

Baca juga :


www.walatrajellygamat.com

Sayuran Pengencer Darah

Sayuran Pengencer Darah untuk ibu hamil dan remaja, Sayuran Pengencer Darah untuk ibu hamil dan remaja, Sayuran Pengencer Darah untuk ibu hamil dan remaja, Sayuran Pengencer Darah untuk ibu hamil dan remaja, Sayuran Pengencer Darah untuk ibu hamil dan remaja, Sayuran Pengencer Darah untuk ibu hamil dan remaja,

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.