Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

17 Nov

Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

Masalah sembelit bayi ini memang suatu penyakit yang mampu menyakiti hati orang tua, dan seluruh keluarganya. Kita benar-benar tidak tega melihat si kecil kesakitan karena masalah yang satu ini. Rasa sakit yang di alami oleh buah hati kita ini benar-benar membuat hati kita teriris, apalagi jika masalah ini semakin menjadi-jadi. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan membahas Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik, beserta obat herbalnya.

Orang Tua Harus Mengetahui Beberapa Hal Ini

Bayi yang sedang mengalami sembelit bisa merasakan betapa sakitnya saat mengejan. Dan karena hal inilah yang membuat si kecil menunda BAB, yang mana hanya akan membuatnya menjadi lebih parah. Karena alasan inilah maka kita harus berupaya untuk menenangkan & membantunya untuk mengatasi masalah ini.

Dengan membaca artikel ini secara keseluruhan insyaallah akan membantu. Kok membaca artikel :|. Inilah keistimewaannya, anda akan mengetahuinya setelah anda membaca artikel ini secara keseluruhan. Tidak percaya? Maka buktikanlah dulu.

Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik
Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

Penyebab Sembelit Pada Bayi

Jika anda ingin membantu sikecil mengatasi masalah sembelit ini, maka anda harus mengetahui apa yang sebenarnya menajadi penyebab si kecil mengalami sembelit ini. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab si kecil menderita sembelit.

  • Bayi yang baru mengenal makanan padat

Pada umumnya sembelit ini sering terjadi karena perpindahan / transisi dari makanan cair ke padat. Sembelit ini terjadi karena sistem pencernaannya belum terbiasa akan kehadiran makanan padat dalam lambung. Maka dari itu anda benar-benar harus memperhatikan makanan padat yang akan anda beri pada si kecil untuk pertama kali.

  • Bayi mengalami kekurangan cairan

Defisiensi cairan bisa menjadi salah satu faktor yang membuat anak anda mengalami masalah sembelit ini. Defisiensi cairan ini membuat kotoran menjadi kering / keras sehingga sulit untuk dikeluarkan.

  • Ada masalah pada bagian rongga mulut si kecil

Sebagian bayi akan susah menerima makanan / minuman karena mulut mereka sengang bermasalah. Beberapa masalah mulut yang menjadi biang kerok dari kondisi ini bisa diakibatkan oleh pertumbuhan gigi susu atau adanya sariawan. Hal lain yang membuat anak menjadi malas minum sehingga menyebabkan dehidrasi adalah akibat penyakit, misalnya akibat pilek, infeksi telinga, atau infeksi tenggorokan.

  • Susu formula

Ternyata susu formula juga bisa menjadi salah satu penyebab anak anda mengalami sembelit ini. Susu formula itu memiliki kandungan yang berbeda dengan ASI. Perbedaan komposisi ini kemudian menyebabkan susu formula lebih susah dicerna daripada air susu ibu. Hal inilah yang kemudian menyebabkan feses bayi lebih keras sehingga rentan menyebabkan sembelit.

  • Adanya kondisi medis tertentu

Kondisi medis tertentu dapat berkontribusi kepada terjadinya sembelit pada bayi. Pada bayi usia di bawah 6 bulan, biasanya beberapa penyebabnya adalah kelainan organ saluran cerna sejak lahir, alergi susu sapi, penyakit seliak, kadar kalsium terlalu tinggi dalam darah (hiperkalsemia), hipotiroid, penyakit hirschprung, dan kelainan sumsum tulang belakang.

Beberapa kondisi medis lain yang bisa menyebabkan bayi mengalami sembelit atau susah buang air besar, antara lain keracunan makanan, alergi makanan, atau alergi susu sapi.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi Berdasarkan Umur

Kondisi fisik bayi pada tiap perkembangan usianya itu berbeda-beda serta belum bisa melakukan penyesuaian secara alami. Oleh karena itulah cara penanganan sembelit pada bayi ini akan di bagi berdasarkan usianya

Cara mengatasi masalah sembelit pada bayi berumur kurang dari 6 bulan

  • Jika selama ini anak anda mengkonsumsi susu formula, maka berkonsultasilah kedokter untuk mengubah komposisi susu formula. Atau bisa juga mempertimbangkan untuk mengganti susu formula.
  • Pelunak tinja poloxamer drop sebanyak 0,3 ml dapat ditambahkan ke dalam susu bayi untuk diberikan tiga kali sehari.

Cara mengatasi masalah sembelit pada bayi berumur 6 – 12 bulan lebih

  • Berikan laksatif alami untuk mengobati sembelit pada usia ini. Makanan yang bersifat laksatif alami paling efektif dalam mengatasi sembelit adalah jus prune. Lebih disarankan untuk mencampurkan jus buah-buahan yang lain, seperti apel, aprikot, dan cranberry agar rasa jus prune lebih disukai anak.

Cara penggunaannya yaitu Rebus buah prune dengan api kecil hingga mendapatkan sarinya. Sari buah prune dapat diberikan sebanyak 3 sendok makan dengan frekuensi 3 kali seminggu. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya konstipasi.

  • Obat laksatif pelunak tinja lainnya. Lactulose, docusate, dan sena adalah beberapa diantaranya. Sedangkan obat bisacodyl, glycerine, dan microlax merupakan cairan yang dimasukkan ke bokong anak (obat supositoria) untuk merangsang pengosongan rektum.

Perhatian!!! Pemberian obat-obatan jenis ini terutama jenis supositoria hanya digunakan saat anak mengalami masalah sembelit yang parah saja. Selain itu campurkan juga minyak parafin yang mana bisa juga membantu melunakkan feses dan melumasi tinja agar mudah untuk dikeluarkan.

  • Biasakan agar anak anda duduk di toilet secara reguler. Lakukanlah hal ini 3-5 menit seteleh makan. Anak diminta untuk duduk di toilet meski tidak ingin buang air besar. Ciptakanlah suasana yang nyaman agar anak juga menjadi lebih rileks & nyaman tiap BAB.

Melalui cara ini juga anak bisa belajar cara merespon keiinginannya sendiri untuk BAB dengan selalu duduk di toilet.

  • Berikan makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Utamakan untuk memberinya asupan serat dari buah-buahan berkulit yang bisa langsung dikonsumsi. Selain buah & sayuran, bisa juga diberi roti gandum. Hindari pemberian sereal  siap saji yang sudah diproses, seperti corn flake atau rice bubble.
  • Batasi pemberian susu sapi jika anak anda berusia lebih dari 18 bulan dan hindari memberinya minuman manis sebelum waktu makan utama.

PERHATIAN !!! Jika orang tua sudah melakukan cara mengatasi sembelit pada bayi di atas, namun belum ada perubahan, maka jangan ragu untuk meminta bantuan dokter. Bantuan dokter juga diperlukan saat bayi memperlihatkan rasa tidak nyaman akibat sembelit yang dideritanya.

Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik
Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

1. Dulcolatol syrup sebagai Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

Obat ini adalah salah Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik. Obat yang satu ini bisa digunakan oleh anak dengan usia kurang dari 1 tahun hingga dewasa. Namun tentu dosis dan takarannya juga pasti berbeda & harus di perhatikan.

2. Microlac untuk anak sebagai Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

Obat yang satu ini juga aman untuk di gunakan anak kecil. Untuk anak yang berusia diatas 3 tahun di beri dosis sebanyak satu tube, untuk anak dibawah 3 tahun gunakan 0.5 tube.

  • Kontra indikasi : Tidak diperuntukan bagi penderita wasir akut / radang usus.
  • Cara penggunaan : dengan memasukkan ujung tube ke dalam dubur dengan hati-hati, namun sebelum menggunakannya pastikan terlebih dahulu tube telah steril

3. Protexin Infant Sachet sebagai Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

Obat ini mengandung 7 jenis bakteri probiotik yang berguna untuk saluran pencernaan anak, sehingga dapat mencegah serta mengobati sembelit yang ada. Salah satu bakteri probiotik tersebut adalah Fructooligosaccharide atau FOS yang berguna untuk menurunkan jumlah bakteri pathogen serta meningkatkan bakteri baik dalam tubuh anak.

Bakteri-bakteri probiotik ini juga dapat membantu proses fermentasi makanan dalam usus besar serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak.

Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik (HERBAL)

  • Prene

Gunakanlah jus prune ini jika si kecil sudah masuk ke masa mengkonsumsi makanan padat. Anda bisa mencampurnya dengan jus prune yang ditambah dengan air, jus apel, buah pir.

Tinggalkanlah makanan yang berpotensi menyebabkan masalah sembelit pada bayi anda. Beberapa makanan yang bisa jadi merupakan penyebab dari sembelit ini adalah Pisang Nasi dan kentang.

  • Lidah Buaya

LIdah buaya ternyata sangat ampuh untuk mengatasi masalah sembelit ini. Namun anda harus sangat berhati-hati terhadap tanaman yang satu ini karena tumbuhan yang satu ini adalah obat pencahar yang sangat kuat. Terlalu banyak penggunaan malah bisa menyebab diare. (Obat Diare Muntaber Di Apotik).

  • Rimpang temulawak

Ternyata selain berkhasiat untuk nafsu makan, temulawak ini juga berkhasiat untuk mengatasi masalah sembelit ini. Didalam temulawak ini mengandung senyawa yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah sembelit ini.

Sampai disini dulu ya sob pembahasan kita mengenai Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik ini. Semoga artikel Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik ini akan sangat bermanfaat untuk kita semua terutama anda.

Terimakasih atas kunjungannya ke laman website kami. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan pesan anda.

Assalamu’alaikum

Baca juga :


Walatra Jelly Gamat | Obat Sembelit Pada Bayi Yang Dijual Di Apotik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *