Obat Cepat Menghilangkan Varises

15 Nov

Obat Cepat Menghilangkan Varises

Masalah varises ini memang sangatlah menghambat kita dan bisa menjadi kabar buruk bagi kita. Terutama bagi anda yang masuk TNI, polri, dsb. yang mana mewajibkan anggotanya tidak boleh ada yang terkena varises. Untuk alasan inilah kenapa saya kali ini akan memaparkan Obat Cepat Menghilangkan Varises ini.

Perlu anda ketahui!!!

Varises tidak boleh dianggap enteng dan harus ditangani dengan benar. Jika varises sudah terjadi selama bertahun-tahun, maka terganggunya aliran darah di dalam pembuluh vena berpotensi menimbulkan komplikasi. Hal ini akan saya bahas juga pada artikel Obat Cepat Menghilangkan Varises ini.

Sebelum kita membahas mengenai Obat Cepat Menghilangkan Varises ini, akan lebih baik jika kita mengetahui beberapa hal penting mengenai varises ini.

Hal-hal Yang Wajib Anda Ketahui Seputar Varises & Obat Cepat Menghilangkan Varises 

Obat Cepat Menghilangkan Varises 
Obat Cepat Menghilangkan Varises 

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Orang-orang yang menderita penyakit ini, pembuluh vena mereka juga dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua. Kadang-kadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin.

Sebagian besar gejala varises terjadi di kaki (terutama bagian betis). Pada sebagian kasus, seseorang bisa mengalami varises di bagian panggul, anus, vagina, rahim, atau kerongkongan.

Penyebab Seseorang Menderita Varises

Varises ini disebabkan karena adanya penumpukan darah dalam pembuluh vena. Yang mana hal ini terjadi karena melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena ini sendiri berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

Di dalam pembuluh vena ini sendiri terdapat katup sebuah katup. Yang mana katup ini berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak bisa kembali lagi.

Suatu kondisi lemah atau rusaknya katup vena ini menyebabkan terjadinya arus balik arah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar.

Faktor Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Katup Pembuluh Vena 

Jika dibiarkan maka faktor-faktor ini bisa meningkatkan resiko seseorang terkena varises ini. Berikut adalah faktor yang mampu untuk memicu terjadinya kerusakan pada katup pembuluh darah.

  • Berdiri terlalu lama. Kebiasaan ini dapat menyebabkan darah di vena kaki menjadi sulit untuk mengalir ke jantung.
  • Umur. Makin tua usia seseorang maka keelastisitasan vena akan makin berkurang. Tentu saja hal ini juga dapat mengurangi kinerja katup karena ikut melemah. Jika sudah seperti ini, darah akan dengan mudah melawan arus dan mengendap di dalam pembuluh vena.
  • Kehamilan. Biasanya varises mulai terlihat ketika rahim mulai membesar dan volume darah meningkat sehingga makin memberikan tekanan pada vena. Selain akibat tekanan, meningkatnya kadar hormon selama kehamilan juga dapat membuat otot vena menjadi lebih rileks dan berimbas kepada melemahnya perlindungan katup. Oleh karena itu, terbentuklah varises.
  • Faktor keturunan. Varises merupakan penyakit yang dapat bersifat keturunan. Artinya, peluang Anda untuk mengalami kondisi ini akan lebih besar jika memiliki keluarga berpenyakit sama.
  • Obesitas. Tekanan pada vena kaki akan bertambah jika bobot tubuh Anda besar juga. Selain menyulitkan vena dalam mendorong darah ke jantung, tekanan besar juga dapat memperlemah katup sehingga terjadi arus balik darah.
  • Masalah kesehatan lainnya, misalnya cacat pembuluh darah, pembengkakan atau tumor di dalam rongga pinggul, dan penyakit-penyakit yang membuat darah menggumpal.

Gejala Yang Terjadi Jika Seseorang Menderita Varises

  • Kemunculan pembuluh vena dibalik kulit yang mana tampak bengkak atau menonjol
  • Pembuluh tersebut terkadang menyerupai tali berpilin yang berwarna biru atau ungu tua
  • Terkadang kaki terasa nyeri, berdenyut-denyut & panas
  • Pembengkakan pada kaki bagian bawah (termasuk pergelangan kaki)
  • Kaki terasa berat dan tidak nyaman
  • Kram otot kaki

Jika varises masih tergolong ringan, penderita jarang merasakan gejala. Gejala varises terutama akan makin terasa ketika penderita berdiri terlalu lama atau tinggal di daerah dengan cuaca hangat.

Untuk sedikit meredakannya, cobalah melakukan jalan kaki santai sebentar atau beristirahat sambil duduk atau berbaring dengan meletakkan kaki di atas bantalan sebagai penyangga agar posisi kaki terangkat.

Komplikasi Yang Dapat Terjadi Pada Penderita Varises

  • Tromboflebitis, yaitu penggumpalan darah dan peradangan pada pembuluh vena kecil yang letaknya berdekatan dengan permukaan kulit. Gejalanya ditandai dengan rasa sakit di dalam bagian yang terkena varises dan kulit tampak memerah.
  • Trombosis vena dalam. Penyebabnya hampir sama dengan tromboflebitis, yaitu penggumpalan darah di dalam pembuluh Gejala trombosis vena dalam berupa bengkak dan nyeri pada kaki.
  • Tukak atau luka terbuka. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam jaringan yang mengarah pada meningkatnya tekanan darah di dalam pembuluh pena. Lambat laun, luka akan terbentuk pada kulit sekitar area varisesdan akan terasa sangat sakit. Bagian yang biasanya rentan mengalami komplikasi ini adalah pergelangan kaki. (baca juga : Obat Luka Terbuka)
  • Pendarahan. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh vena yang mengalami varises mengalami pecah. Pendarahan yang terjadi biasanya bersifat ringan.
  • Eksim varises. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang berwarna kemerahan, bersisik, hingga akhirnya terkelupas. Pada sebagian kasus, kulit penderita yang melepuh menjadi mengeras (berkerak) secara permanen. (Baca juga :  Cara Alami Mengatasi Eksim)

Tips Bagi Para Penderita Varises

  1. Jangan menggunakan sepatu heels
  2. Jangan memakan makanan yang mengandung kolesterol
  3. Kurangi waktu duduk ataupun berdiri
  4. Mengatur berat badan
  5. Rajin berolahraga

Obat Cepat Menghilangkan Varises & Pengobatan Varises Yang Disarankan Oleh Dokter

Obat Cepat Menghilangkan Varises & Pengobatan Varises Yang Disarankan Oleh Dokter

  • Injeksi skleroterapi 

Injeksi skleroterapi, yaitu penyuntikan cairan khusus ke pembuluh vena yang mengalami varises dengan tujuan membentuk luka yang dapat menutup saluran darah tersebut. Selain dengan cairan khusus, ada teknik skleroterapi terbaru dengan menyuntikkan zat yang menyerupai busa.

Metode ini biasanya dilakukan untuk mengobati varises pada pembuluh vena yang berukuran besar. Dalam melakukan penyuntikan, dokter akan dipandu dengan USG.

Efek samping skleroterapi bisa berupa nyeri punggung bagian bawah, sakit kepala, daya penglihatan menjadi berkurang (bersifat sementara), perubahan warna kulit, penumpukan darah di pembuluh vena bagian tubuh lain, dan pingsan.

  • Radiofrekuensi

Metode ini bertujuan menutup pembuluh vena yang mengalami pembengkakan cukup besar akibat varises dengan cara membakar dindingnya menggunakan energi radiofrekuensi. Setelah dibakar, dinding pembuluh vena akan runtuh dan menutup saluran tersebut. Setelah pembuluh vena yang mengalami varises terkunci, darah akan secara otomatis mengalir secara alami melalui vena lainnya yang masih sehat. Untuk menembakkan energi radiofrekuensi secara tepat sasaran, dokter memerlukan bantuan kateter dan USG. Efek samping radiofrekuensi dapat berupa kesemutan.

  • Laser

Sama seperti radiofrekuensi, pengobatan dengan menembakkan sinar laser juga bertujuan menutup pembuluh vena yang mengalami varises. Metode ini juga dibantu dengan kateter dan USG. Efek samping sinar laser bisa berupa nyeri dan memar di bagian varises, atau kaki terasa keras.

  • Bedah terbuka

Ini merupakan prosedur pengangkatan pembuluh vena yang terkena varises melalui irisan yang dibuat pada permukaan kulit.

Obat Cepat Menghilangkan Varises Secara Alami

Obat Cepat Menghilangkan Varises Secara Alami 
Obat Cepat Menghilangkan Varises Secara Alami 
  • Bawang Putih

Ternyata bawang putih juga bisa membantu mengobati varises. Kandungan yang terdapat dalam bawang putih ini mampu memecahkan protein dalam tubuh dan mendistribusikan merata ke dalam tubuh.

Cara penggunaannya yaitu 

  1. Cincang halus 5 siung bawang putih
  2. Masukan dalam toples yang bersih
  3. Tambahkan perasan 3 buah jeruk nipis
  4. Tambahkan 2 sdm minyak zaitun
  5. Tutup rapat toples tersebut dan tunggu hingga 12 jam
  6. Setelah itu gunakan ramuan tersebut dengan cara digosokan kebagian tubuh yang mengalami varises
  7. Jangan lupa kocok dulu sebelum menggunakannya.
  8. Setelah digosok, balut dengan handuk atau plastik
  9. Dalam penggunaanya disarankan rutin setiap malam hari.
  • Air Rebusan Kacang Hijau

Cara yang dilakukan adalah anda hanya perlu merebus kacang hijau, namun jangan lupa untuk di bersihkan lebih dulu. Setelah itu minumlah air rebusan tersebut secara rutin.

  • Tomat

Gunakanlah tomat yang di haluskan, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun. Oleskan ramuan tersebut pada bagian yang terkena varises. Diamkan beberapa menit, dan kemudian basuhlah dengan air hangat.

Baca juga : 9 Alasan Kenapa Anda Wajib Makan Tomat Setiap Hari

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dipercaya mampu untuk membantu mengatasi masalah varises ini. Vitamin C ini sangat bagus untuk membuat pembuluh darah agar tidak rapuh / memperkuatnya.

Sampai disini dulu ya sob pembahasan kita mengenai Obat Cepat Menghilangkan Varises ini. Semoga artikel Obat Cepat Menghilangkan Varises ini akan sangat bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi anda.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami.

Assalamu’alaikum


Baca juga :


Walatra Jelly Gamat | Obat Cepat Menghilangkan Varises

One Reply to “Obat Cepat Menghilangkan Varises”

  1. Pingback: 5 Obat Apotik Untuk Luka Setelah Khitan | 7 x lebih efektif

Tinggalkan Balasan Anda Disini!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.