Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia

21 Nov

Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia

Penyakit frambusia ini memang salah satu jenis penyakit yang sangat merepotkan. Penyakit yang satu ini juga sangatlah mudah untuk menular. Penyakit ini juga bisa menimbulkan berbagai komplikasi, misalkan saja komplikasi berat pada kulit dan tukang. Meskipun tak beresiko sangat mematikan, namun penyakit ini benar-benar menyiksa penderitanya. Karena hal ini lah saya akan memaparkan sebuah obat apotik untuk penyakit frambusia.

Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia
Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia

Didalam artikel obat apotik untuk penyakit frambusia ini anda akan dijelaskan tentang beberapa poin penting yang harus anda ketahui mengenai penyakit yang satu ini. Dan juga anda akan mendapatkan obat untuk mengatasi masalah penyakit  yang satu ini. INGAT! Jika ada yang ingin ditanyakan, maka tinggalkanlah pesan anda.

Apa Yang Harus Saya Ketahui Tentang Penyakit Frambusia?

Frambusia adalah suatu infeksi tropis yang dapat terjadi pada kulit, tulang,dan sendi yang mana hal ini disebabkan oleh bakteri spiroket Treponema pallidum pertenue. Penyakit ini berawal dengan pembengkakan keras dan bundar pada kulit, dengan diameter 2 sampai 5 cm.

Penggolongan Penyakit Frambusia

Penyakit ini dibagi menjadi 3 stadium perkembangan, yang mana setiap stadium mempunyai gejala-gejala yang berbeda-beda.

  • Stadium 1

Dimulai dengan adanya tonjolan padat di permukaan kulit yang selanjutnya menjadi banyak, biasanya mengeluarkan serum berwarna kuning cokelat yang melekat pada tonjolan tersebut.

Serum ini lama kelamaan akan mengering di permukaan kulit, tonjolan yang ditutupi oleh cairan yang sudah mengering ini disebut induk patek. Kelenjar getah bening membesar, penderita panas dingin, dan sakit keras. Stadium 1 ini menyerang daerah tungkai bawah.

  • Stadium 2

Setelah beberapa bulan, induk patek hilang sendiri. Selanjutnya timbul lagi tonjolan padat yang hampir sama dengan induk patek, tetapi lebih kecil dan tersebar di seluruh tubuh.

Permukaan tonjolan-tonjolan ini ditutupi oleh cairan yang sudah mengering berwarna kuning kecokelatan yang disebut anak patek, stadium 2 ini menyerang seluruh tubuh dan menetap di lipatan-lipatan sekitar lubang hidung dan anus.

  • Stadium 3

Stadium yang satu ini juga sering disebut sebagai tahap stadium perusak. Hal ini dikarenakan  bagian kulit, tulang dan sendi benar-benar dirusaknya. Pada stadium ini juga penyakit ini menyerang tulang-tulang panjang dan tulang rawan hidung.

Fakta Penyakit Frambusia Yang Harus Anda Ketahui

  • Penyakit Frambusia yang disebabkan oleh Treponema pertenue, adalah penyakit menular bukan seksual pada manusia yang pada umumnya menyerang anak-anak berusia di bawah 15 tahun.
  • Penyakit frambusia ini ditandai dengan munculnya lesi primer berupa kutil (papiloma) pada muka dan anggota gerak, terutama kaki, lesi ini tidak sakit dan bertahan sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.
  • Pada awalnya, koreng yang penuh dengan organisme penyebab ditularkan melalui kontak dari kulit ke kulit, atau melalui luka di kulit yang didapat melalui benturan, gigitan, maupun pengelupasan.
  • Penyakit frambusia ini tidaklah menyerang otak, saraf, jantung ataupun peredaran darah, dan juga tidak ada frambusia kongenital, namun daerah endemis pada musim hujan penderita baru akan bertambah. Gejala klinis terdiri atas 3 stadium pertama pada tungkai bawah sebagai tempat yang mudah trauma; masa tunas berkisar antara 3-6 minggu.

Pendapat Ahli Mengenai Penyakit Frambusia

Menurut Noordhoek, et al, (1990) diagnosa dapat ditegakkan dengan pemeriksaan mikroskop lapangan gelap atau pemeriksaan mikroskopik langsung FA (Flourescent Antibody) dari eksudat yang berasal dari lesi primer atau sekunder. Test serologis nontrepanomal untuk sifilis misalnya VDRL (venereal disease research laboratory), RPR (rapid plasma reagin). Test serologis trepanomal, misalnya FTA-ABS (fluorescent trepanomal antibody – absorbed), MHA-TP (microhemag-glutination assay for antibody to t. pallidum).

Komplikasi Yang Mungkin Terjadi Karena Penyakit Frambusia

Tanpa pengobatan, sekitar 10% dari individu yang terkena mengembangkan menodai dan melumpuhkan komplikasi setelah lima tahun karena penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan berat pada kulit dan tulang. Hal ini juga dapat menyebabkan kelainan bentuk rahang kaki, hidung, langit-langit dan bagian atas.

Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia

Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia
Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia

Benzatin penisilin

  • Kontra indikasi : Infeksi ringan, Hipersensitif terhadap Penisilin, Hiperszensitifitas silang dengan Sefalosporin.
  • Perhatian : Tidak dianjurkan bagi para penderita diabetes, ibu hamil dan menyusui, penderita dengan riwayat alergi asma. Hindari juga penggunaan intravena (IV) atau intra-arterial atau injeksi dekat saraf periferal major.
  • Efek samping : Reaksi anafilaksis, Urtikaria (biduran/kaligata), demam, nyeri persendian, edema angioneurotik, eritema multiforme, dermatitis eksfoliatif,
    reaksi Jarisch-Herxheimer dapat terjadi pada pengobatan sifilis karena pelepasan endotoksin, Stomatitis, glositis.
    reaksi lokal pada bayi, anemia hemolitikum, leukopenia, trombositopenia, neuropati, nefropati.

Aureomisin

Obat kimia yang satu ini juga adalah salah satu Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia.

  • Anak-anak: 0,75-1,5 gr selama 4 hari.
  • Dewasa: 2 gr selama 5 hari

Teramisin

Teramisin ini juga adalah salah satu Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia. Dalam penggunaan dosisnya dibagi menjadi 3 hari berturut-turut.

  • 3 gr pada hari I
  • 2 gr pada hari II
  • 2 gr pada hari III

Tetrasiklin

Obat tetrasiklin ini juga berkhasiat untuk mengatasi masalah penyakit ini.

  • Anak-anak: 25 mg/kgBB selama 5 hari.
  • Dewasa: 2 gr/hari selama 5 hari

Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia 100% HERBAL

  • Akar kangkung

Ternyata sob akar kangkung ini juga adalah obat herbal yang bisa sobat coba di rumah. Namun ingat anda haruslah dengan rutin menggunakannya. Cara penggunaan akar kangkung untuk mengatasi masalah frambusia.

  1. Rebus 1/4 Genggam akar kangkung dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4 nya. Setelah dingin baru saring
  2. Minum 3 x sehari masing-masing 1/2 gelas.
  • Kulit batang jambu air

Kulit batang jambu air ini juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi masalah frambusia ini. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut

Bahan yang diperlukan :

  1. Kulit batang jambu air
  2. Madu secukupnya
  3. Air bersih 5 gelas

Cara pembuatan

  1. Kulit batang jambu dicuci lalu dipotong-potong
  2. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 1/2-nya
  3. Setelah dingin lalu disaring

Aturan pakai : Minum ramuan tersebut 3 x sehari bersama madu dengan dosis 1/2 gelas.

  • Keladi Tikus

Tanaman umbi yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai obat herbal frambusia ini. Didalam umbi ini memiliki kandungan yang baik untuk membantu mengatasi frambusia ini.

Adapun cara penggunaannya yaitu dengan menumbuk umbi keladi tikus ini secukupnya sampai halus. Setelah itu langsung ditempelkan pada area luka.

  • Kulit Kamboja.

Kulit kamboja adalah salah satu obat alami yang mampu untuk mengatasi masalah frambusia ini. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan merebus kulit kamboja + air 5-10 L sampai mendidih. Dibiarkan selama 15 menit. Saring ramuan tersebut dan gunakan selagi hangat untuk merendam bagian kulit yang mengalami frambusia ini.

Sampai didisini dulu ya sob pembahasan kita mengenai Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia ini. Semoga artikel Obat Apotik Untuk Penyakit Frambusia ini akan sangat bermanfaat untuk kita semua, terutama anda.

Assalamu’alaikum


Baca juga :


Walatra Jelly GamatObat Apotik Untuk Penyakit Frambusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *