Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

13 Apr

Anda atau keluarga Anda mengalami asam urat ?? Kami sarankan untuk sesegera mungkin mengobatinya. Karena faktanya asam urat ini berbahaya ?? Disinilah Anda akan mengetahui bahaya asam urat jika tidak diobati.

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Asam urat atau gout ini memang kerap menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Pada umumnya kondisi asam urat ini sendiri lebih rentan untuk menyerang laki-laki dari pada perempuan. Terlebih lagi laki-laki yang suydah memasuki usia di atas 30 tahun. Meskipun begitu, bukan berarti penyakit ini tidak menyerang perempun.

Pada beberapa kondisi juga, perempuan kerap berisiko mengalami asam urat ini. Terutama bagi mereka yang sudah mengalami menopause. Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama.

Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Semua hal tersebut memang kerap di alami para penderita. Sehingga sangat penting untuk segera mengobati asam urat ini sedini mungkin.

Lalu tahukah Anda kalau asam urat ini juga memiliki berbagai bahaya lain terutama bila tak segera di obati ??

Asam urat ini sendiri memang berbahaya bilamana Anda tidak segera mengatasi / mengobatinya. Adapun berbagai bahaya yang harus Anda waspadai bilamana asam urat ini tidak segera di obati adalah sebagai berikut.

  • Munculnya benjolan / tophi

Tofi adalah gumpalan-gumpalan kecil berwarna putih atau kuning di balik kulit yang terbentuk dari akumulasi kristal-kristal asam urat. Benjolan tofi biasanya muncul pada lutut, siku, jari kaki dan jari tangan, lengan, tumit, atau bahkan telinga.

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Biasanya tofi muncul pada penderita penyakit asam urat parah atau yang sudah lama tidak ditangani. Namun ada juga tofi yang muncul pada orang yang bahkan belum pernah mengalami serangan penyakit asam urat. Meski sering kali tidak menimbulkan rasa sakit, rutinitas sehari-hari (misalnya berpakaian atau makan) bisa terganggu jika tofi tumbuh di jari tangan.

Kemunculan tofi menjadi sinyal bahwa pengobatan penyakit asam urat tidak bisa ditunda-tunda lagi dan harus segera dilakukan. Jika kadar asam urat berhasil diturunkan, tofi akan berangsur-angsur mengecil seiring larutnya kristal-kristal natrium urat.

Namun sebaliknya jika terus dibiarkan, maka tofi akan membesar dan pada akhirnya menimbulkan rasa sakit. Tofi yang meradang tersebut bahkan bisa pecah dan mengeluarkan cairan menyerupai pasta gigi yang terdiri dari campuran nanah dan kristal-kristal urat.

Segera konsultasikan kepada dokter jika tubuh Anda ditumbuhi tofi berukuran besar atau terasa menyakitkan. Apabila dianggap perlu, dokter akan melakukan pembedahan untuk membuang tofi tersebut.

  • Kerusakan persendian / deformitas sendi

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Jika penyebab asam urat tidak diobati, serangan akut terjadi lebih banyak dan lebih sering. Peradangan yang disebabkan oleh serangan ini, serta pertumbuhan tophi, menyebabkan kerusakan pada jaringan sendi. Sendi akhirnya bisa keluar dari keselarasan dan menjadi tidak bergerak.

Bahaya asam urat bahkan bisa membuat sendi bengkok dan tidak bisa bergerak. Jika kondisis sudah serius, sendi yang rusak kemungkinan perlu diperbaiki atau diganti melalui prosedur operasi.

  • Batu ginjal

Asam urat di dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk air seni melalui ginjal. Adakalanya asam urat tersebut menciptakan endapan-endapan di dalam ginjal, terlebih jika kadarnya yang tinggi. Jika ukuran endapan masih kecil, maka tubuh akan membuangnya secara alami melalui saluran kemih. Namun jika ukurannya terlalu besar, maka bisa menimbulkan penyakit batu ginjal.

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Selain sensasi seperti selalu ingin buang air kecil, penderita penyakit batu ginjal biasanya akan merasakan sakit saat buang air kecil akibat terganggunya aliran urine. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan infeksi di dalam sistem kemih. Menurut data, sekitar 10-25 persen penderita penyakit asam urat turut mengalami masalah batu ginjal.

Dokter biasanya akan memberikan obat yang dapat melarutkan batu ginjal dan menurunkan kadar keasaman dalam urine. Selain itu, penderita batu ginjal juga disarankan untuk minum banyak air untuk mengeluarkan endapan-endapan asam urat.

~Baca juga : Calcusol Obat Penghancur Batu Ginjal~

  • Penyakit ginjal

Asam urat yang tidak segera di obati memang dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada ginjal. Misalkan saja seperti gagal ginjal, infeksi ginjal yang berawal dari batu ginjal, dll.

  • Cacat

Rasa sakit dari serangan asam urat dapat membuat penderitanya susah berjalan, kesulitan melakukan pekerjaan rumah tangga dan mengerjakan kegiatan sehari-hari, hingga mengakibatkan kerusakan sendi atau cacat permanen.

Selain karena berbagai bahaya tersebut, seringkali asam urat yang tidak segera di obati ini juga menimbulkan penyakit katarak sindrom mata kering, atau pengkristalan asam urat di dalam paru-paru. Maka dari itu, penanganan sedini mungkin adalah langkah yang bijak guna mengatasi asam urat ini.

Tak dapat dipungkiri juga kalau asam urat ini juga sering terjadi pada mereka yang memiliki terkanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, gagal jantung. Penderita asam urat tinggi dalam darah juga dipercaya berhubungan dengan peningkatan risiko diabetes hingga 20% lebih tinggi.

Semua itu memang bahaya yang kerap terjadi bilamana kondisi gangguan asam urat ini tidak segera di atasi sedini mungkin. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mengatasi asam urat ini sesegera mungkin.

Sampai disini dulu ya pembahasan kita mengenai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati ini. Semoga artikel ini benar-benar bisa bermanfaat bagi Anda.

Terimakasih atas kunjungannya


sort by : www.walatrajellygamat.co.id

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati dengan Segera, Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati dengan Segera, Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati dengan Segera, Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati dengan Segera, Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati dengan Segera, Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati dengan Segera, Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati dengan Segera,

apakah penyakit asam urat bisa disembuhkan

bahaya asam urat dan kolesterol

bahaya asam urat rendah

kadar asam urat 12

akibat asam urat dan kolesterol

menghilangkan asam urat tinggi

bahaya asam urat bagi ibu hamil

gejala asam urat

Tinggalkan Balasan Anda Disini!